Pages

Subscribe:

Rabu, 31 Oktober 2012

Malaysia: Indonesia Pakai Pemain Impor, Siapa Takut

Malaysia sama sekali tidak gentar dengan rencana Indonesia menyertakan empat pemain naturalisasi di Piala AFF 2012. Bagi pelatih Harimau Malaya, Datuk K Rajagobal, kehadiran pemain impor itu di skuad Garuda belum tentu membuat Indonesia menjadi juara.

“Itu hak mereka untuk membawa pemain luar yang diberi kewarganegaraan, karena mungkin Indonesia tidak pernah muncul sebagai juara. Situasi itu membuat Indonesia mengambil tindakan demikian,” kata Datuk K Rajagobal, seperti dikutip Utusan Malaysia.

PSSI memang memasukan sejumlah nama pemain naturalisasi dalam 35 nama sementara yang diajukan ke AFF beberapa waktu lalu. Dari 35 nama itu, terdapa nama Tonny Cusell, John Van Beukering, Raphael Guillermo Maitimo dan Diego Michiels.Keempatnya merupakan pemain keturunan Belanda yang memiliki darah Indonesia.

Tonny Cusell saat ini membela klub divisi tiga Belanda GVVV.Sementara Beukering pernah masuk skuad Pelita Jaya meski hanya untuk beberapa bulan. Kini pemain yang pernah memperkuat Feyenoord itu berkompetisi di liga amatir, Eerste Klasse, bersama klub FC Presikhaaf.

Baik Tonny dan Beukering telah merampungkan proses naturalisasinya pada 2011 lalu, seperti Diego Michiels. Sementara, Raphael Guillermo, gelandang yang pernah bermain di Bali De Vata di kompetisi IPL, ini justru yang belum menjalani proses naturalisasi. Sehingga mustahil untuk dimasukan dalam tim.

"Tindakan kita (Malaysia) menggunakan semua anak-anak dari dalam negeri, bagi saya lebih patriotik. Di samping memberikan kelebihan karena faktor budaya dan bahasa yang tidak jauh berbeda membuat mereka mudah mengenali antara satu sama lain dalam berkomunikasi,” imbuh pelatih yang mengantarkan Malaysia merebut Piala AFF 2010 ini.

“Bagi saya memakai pemain dari luar tidak memberi jaminan untuk tim bisa berjaya. Itu sudah kami buktikan dua tahun lalu,” kata Rajagobal menyinggung kehadiran Cristian Gonzales, pemain naturalisasi asal Uruguay, dan Irfan Bachdim di skuad Indonesia pada Piala AFF 2010 lalu.

Pelatih berambut putih ini juga berkomentar konflik yang tengah melanda sepakbola Indonesia tidak akan mengganggu persiapan Timnas Garuda menjelang Piala AFF 2012.

Di ajang bergengsi negara-negara Asia Tenggara ini, Indonesia berada di grup B  bersama Malaysia, Laos dan Singapura. Pada  Piala AFF dua tahun lalu, Indonesia sukses menghajar Malaysia 5-1 di babak grup, namun harus menyerah 3-0 di kandang Malaysia di final leg pertama. Meski di leg kedua Indonesia menang 2-1,  trofi tetap jatuh ke tangan Harimau Malaya karena Malaysia unggul agregat gol. Sumber : bola.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar