Pages

Subscribe:

Sabtu, 24 November 2012

Profil Tim Nasional Malaysia Di Piala AFF 2012

Setelah sukses di edisi 2010, Malaysia sebagai juara bertahan dan tuan rumah akan kembali dijagokan meraih titel juara keduanya di Piala AFF 2012.

Keberhasilan Malaysia menjuarai AFF 2010 bisa dibilang mengejutkan. Tim Harimau Malaya hanya keluar sebagai runner-up grup di bawah Indonesia dengan selisih lima poin dan sempat dibantai 1-5.

Namun, Malaysia tampil apik di babak semifinal dengan mengalahkan juara bertahan Vietnam sebelum gantian menundukkan Indonesia untuk menyabet trofi juara.

Pencapaian yang bisa dibilang luar biasa karena pada 2008, langkah Malaysia hanya samapi babak grup saja. Sebelum juara, hasil terbaik Malaysia di kejuaraan sepakbola Asia Tenggara ini adalah runner-up yang diperoleh di edisi perdana pada 1996.

Malaysia punya sejarah bagus di masa lalu. Sebelum terbentuk negara Malaysia pada 1963, timnas Malaysia dikenal dengan nama timnas Malaya dan berhasil merebut medali perunggu Asian Games 1962.

Setelah negara Malaysia berdiri begitupula dengan timnas-nya, Malaysia berhasil lolos ke Olimpiade Munich 1972 meski hanya sampai babak pertama. Dua tahun kemudian, Malaysia kembali berjaya di Asia dengan memperoleh medali perunggu di Asian Games dan lolos ke Piala Asia 1976 dan 1980.

Pada tahun yang disebut terakhir, Malaysia lagi-lagi lolos ke Olimpiade di Moskow tapi lantas memilih untuk memboikotnya. Mereka juga berhasil memenangi turnamen Merdeka (turnamen antar sejumlah negara yang digelar khusus untuk memperingat hari kemerdekaan Malaysia) sebanyak tiga kali jadi juara, empat kali runner-up dan dua kali jadi juara ketiga di era 1970-an.

Akan tetapi di era 90-an, era keemasan Malaysia memudar. Di tahun 1994, sepakbola Malaysia terlibat skandal suap dalam skala besar dan gagal mengulang sukses yang pernah diraihnya di masa lalu kendati sudah mendatangkan pelatih handal, Claude Le Roy.

Setelah berganti-ganti pelatih, Malaysia kembali mendatangkan pelatih asing Allan Harris yang pernah menjadi assisten manajer Terry Venables di Barcelona. Namun Harris hanya bertahan tiga tahun saja dan keluar pada 2004.

Barulah pada 2009, Malaysia mulai bangkit setelah kembali diarsiteki oleh Datuk K. Rajagopal. Di tangan Rajagopal Malaysia jadi jawara Asia Tenggara dengan menggondol medali emas SEA Games 2009, 2011 dan Piala AFF 2010.

Dalam upaya mempertahankan gelarnya, Malaysia melakukan persiapan serius. Sejak September, Malaysia telah melakukan serangkaian partai ujicoba di antaranya dengan mengalahkan Kamboja 2-0 (20/9), Hongkong 3-0 (16/10).

Namun di tiga laga ujicoba terakhirnya, Malaysia justru tidak pernah menang yaitu ditekuk Vietnam 0-1 (3/11), Thailand 0-2 (7/11) dan terakhir diimbangi Hongkong 1-1 (14/11). Sumber : sport.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar