Pages

Subscribe:

Rabu, 28 November 2012

Harimau Malaya menerkam Laos dengan skor telak 4-1

Malaysia mengepak tripoin di matchday kedua Grup B AFF Suzuki Cup kontra Laos di Stadion Nasional Bukit Jalil, Rabu (28/11).

Harimau Malaya menerkam Thim Xad dengan skor telak 4-1 yang langsung disambut gemuruh suporter tuan rumah. Safiq Rahim membuka keunggulan Malaysia di menit ke-16, namun Laos memaksa hasil imbang 1-1 sebelum jeda berkat aksi Khonesavanh Sihavong.

Di babak kedua, Malaysia kian berbahaya dengan tambahan tiga gol hanya dalam kurun waktu 20 menit. Adalah Safee Sali, Wan Zack dan pemain pengganti Mohd Khyril Muhymeen yang mencatatkan namanya di papan skor sekaligus memberi pil pahit untuk Laos.

Dengan tambahan poin sempurna ini, Harimau Malaya melesat ke urutan dua Grup B dengan tiga angka, identik dengan perolehan Singapura di tempat kedua. Malaysia kini selisih satu poin dari Indonesia yang berada di posisi teratas. Kedua tim akan berjumpa di laga terakhir, 1 Desember mendatang.

Babak pertama
Meski mengalami penurunan jumlah penonton, Malaysia tampil menekan sejak menit awal. Sayang, kondisi lapangan di Stadion Nasional Bukit Jalil yang basah akibat hujan membuat kedua tim kesulitan mengembangkan permainan.

Di menit kelima Harimau Malaya mendapat peluang dari aksi Khairul Fahmi dan Safee Sali yang menerobos sisi kanan pertahanan Laos, tapi masih bisa dimentahkan lawan.

Serangan balik cepat dilancarkan tim besutan Kokichi Kimura setelah aksi Safee Sali, namun berhasil digagalkan Azmi yang membuahkan tendangan bebas untuk lawan. Namun, Farizal yang mengisi pos kiper menggantikan Khairul Fahmi dengan sigap menghalau crossing dari tendangan bebas ini.

Dua peluang emas beruntun didapat Safee Sali. Melewati beberapa bek Laos, striker yang pernah bermain di Indonesia melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti. Sayang, bola meluncur di sisi kiri gawang. Setelah itu, giliran Toulalan yang memberikan umpan kepada Safee Sali tapi masih dimentahkan Bounthisanh.

Baru di menit ke-16 laskar Datuk Rajagopal membuka keunggulan melalui kapten Safiq Rahim lewat tendangan bebas yang mengoyak sisi kiri gawang.

Tertinggal satu gol membuat Laos kian gencar mencari celah demi menyeimbangkan kedudukan. Kans menyamakan skor didapat Laos di menit 22, namun sepakan jarak jauh Khonesavanh masih jatuh di atas mistar. Dua menit kemudian, Malaysia kembali mengancam pertahanan Laos dengan umpan silang Mahalli dari sisi kiri, tapi masih bisa dihalau oleh sundulan bek lawan.

Tuan rumah benar-benar agresif menyusul gol Safiq Rahim. Bertubi-tubi serangan dilancarkan Harimau Malaya dengan Safee Sali sebagai ujung tombak. Norshahrul melakukan pergerakan ke kotak terlarang dan melepaskan tendangan, bola menghampiri Safee Sali di sisi kanan tapi tendangannya masih menyamping.

Di tengah serangan sporadis yang dilancarkan Malaysia, Laos berhasil memanfaatkan kelengahan lini belakang. Tepat di menit ke-39  Khonesavanh Sihavong berhasil memanfaatkan umpan matang yang dilepaskan Khampheng Sayavutthi. Skor berubah menjadi 1-1 yang bertahan hingga turun minum.

Babak kedua

Harimau Malaya langsung mengambil inisiatif serangan saat restart dan mendapat kans pertama dari aksi Safiq yang mengirim umpan kepada Safee. Sayang, tendangan sang striker masih jatuh tepat di pelukan Bounthisanh.  Dua menit setelahnya giliran usaha Norshahrul yang dipotong bek Laos.

Laos tidak menyerah begitu saja, pergerakan Vongchiengkham yang menusuk lini belakang kerap merepotkan barisan pertahanan Malaysia. Tapi  peluang yang didapat belum dimaksimalkan dengan baik.

Safiq melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, namun bola sepakan sang kapten melambung di atas mistar gawang. Demikian juga dengan usaha Zack yang masuk ke dalam kotak penalti dan melakukan tendangan, tapi masih menyamping di sisi kanan Laos.

Hampir saja Safee kembali membawa Malaysia unggul. Tipis saja sundulannya menyamping di sisi kiri gawang setelah meneruskan umpan manis Mahalli yang melepaskan diri dari kawalan bek Laos.

Kekalahan dari Singapura di laga perdana tampaknya membakar semangat Malaysia untuk pantang menyerah. AKhirnya, di menit ke-67 mengubah kedudukan yang membawa timnya unggul 2-1. Berawal dari aksi Wan Zack yang melakukan pergerakan di sisi kiri pertahanan Laos kemudian diteruskan dengan umpan matang dari dalam kotak penalti. Safee yang tak mendapat kawalan lawan dengan sigap menyambut bola dengan tandukannya yang menembus jala Bouthinsanh.

Lima menit kemudian, sepakan keras Safic dari area pertahanan Laos mampu diblok pemain belakang, sehingga belum membuahkan hasil. Tapi, Malaysia tidak menunggu waktu lama untuk menambah skor.

Delapan menit pascagol kedua, Harimau Malaya makin jauh meninggalkan Thim Xad. Kali ini giliran Wan Zack yang mencatatkan namanya di papan skor sekaligus menjadi gol perdana di level internasional. Tandukan Zack yang lepas dari jebakan off-side tidak mampu dihalau Bouthinsanh.

Malaysia makin trengginas dengan membukukan gol keempat empat menit kemudian. Mohd Khyril, yang baru masuk menggantikan Safee di menit ke-80, langsung unjuk gigi dengan menceploskan di kulit bundar setelah memanfaatkan assist Safiq.

Laos tak mampu berbuah banyak untuk mengejar ketinggalan sehingga harus menerima pil pahit dengan borongan tiga gol di babak kedua yang membuat mereka takluk dengan skor 4-1.

Susunan Pemain
Laos
: Bounthisanh, Souksavanh, Vongchi, Lithideth, Phapho, Sysomvang, Sihavong, Syvilay, Sayyaboun, Namthavixay, Sayavuthi

Malaysia: M. Farizal, Mahalli, M. Aidil, Safiq, Norshahrul, Safee Sali, M. Azmi, Kunanlan, M. Shakir, Wan Zack, M. Fadhli

Sumber : goal.com

0 komentar:

Posting Komentar