Pages

Subscribe:

Rabu, 28 November 2012

Gol indah Andik Menangkan Indonesia

Gol indah Andik sudah cukup untuk membawa Indonesia mengalahkan Singapura di laga lanjutan AFF Suzuki Cup Grup B, Rabu (28/11) petang.
Indonesia memeroleh tiga poin pertamanya di ajang AFF Suzuki Cup kali ini setelah mereka mampu menumbangkan 10 pemain Singapura.
Mengambil tempat di stadion Bukit Jalil, sosok Andik Vermansyah sukses jadi pahlawan kemenangan berkat tendangan bebasnya di menit kritis yang gagal diantisipasi oleh kiper Izwan Mahbud.
Babak Pertama
Menyadari pentingnya partai kali ini, baik Indonesia dan Singapura coba menerapkan penguasaan bola sejak menit awal pertandingan. Saking ketatnya pertarungan di lini tengah tengah, kapten Singapura Harris Harun terpaksa menerima kartu kuning setelah ia mengasari pemain Merah Putih. Dengan hukuman yang ia terima, Harun pun harus melewatkan partai puncak melawan Laos, Sabtu (1/12) esok.
Di menit ke-10, Singapura hampir saja mendapat hadiah penalti dari wasit setelah Shi Jiayi terpaksa dijatuhkan oleh Fachruddin. Alih-alih meniupkan peluitnya, sang pengadil lapangan justru membiarkan kejadian tersebut dan tetap melanjutkan permainan.
Beberapa menit setelahnya, hujan turun dengan lebat dan mengguyur stadion Bukit Jalil, Malaysia. Pada menit ke-22, tim Merah Putih mendapatkan peluang apik setelah Vendry Mofu melakukan sepakan keras menggunakan kaki kiri. Dalam hal ini, usahanya masih bisa dibendung kiper Izwan yang tampil cukup sigap.
Tiga menit setelah peluang Mofu, Singapura punya peluang bagus. Shahdan yang tidak terkawal di luar kotak penalti melakukan tembakan terarah dari proses set-piece. Meski tak terkawal barisan pertahanan Indonesia, usaha Shahdan masih bisa ditepis keluar oleh Wahyu Tri Nugroho.
Empat menit jelang babak pertama usai, Indonesia mendapatkan kesempatan lagi. Kali ini giliran Novan Setya yang menembak bola dari luar kotak penalti. Meski keras dan terarah, sepakannya masih bisa ditepis keluar oleh Izwan, sepak pojok pun didapat namun belum juga mampu dimaksimalkan. Hingga babak pertama usai, kedua tim masih gagal mencetak gol, skor pun masih sama kuat 0-0.
Babak Kedua
Di babak selanjutnya, Indonesia coba mengganti strategi. Sebelum 15 menit babak kedua, pelatih Nil Maizar mengganti duo gelandang yakni Elie Aiboy dan Rahmat. Adapun, pemain yang dimasukkan oleh mantan pelatih Semen Padang itu ialah Andik serta Bambang yang diharap mampu memberikan sesuatu.
Dalam suasana sengit, wasit Ali Abdulnabi terpaksa mengeluarkan tiga kartu kuning untuk tiga pemain dalam rentang waktu tiga menit. Oktavianus Maniani mengawali rentetan hukuman dari sang wasit pada menit ke-62 setelah ia terpancing emosi. Semenit setelahnya, giliran Baihakki Khaizan yang dihukum akibat 'intriknya' dengan kiper Wahyu. Beberapa detik setelah kejadian Baihakki, Irwan Shah mendapati kartu kuning pertamanya yang disusul kartu merah dua menit setelahnya.
Unggul satu pemain di atas lapangan, tim Garuda menyerang dengan sporadis. Di menit ke-67, umpan silang dari pemain Indonesia hampir saja salah diantisipasi oleh Safuan. Meski mendapatkan sepak pojok, tendangan sudut yang dilakukan Mofu masih belum menemui rekannya.
Dua puluh menit jelang bubaran, Bambang Pamungkas yang masuk menggantikan Rahmat mendapatkan peluang emas pertamanya. Lolos dari jebakan offside, striker Persija yang tinggal berhadapan dengan kiper Singapura itu justru gagal memanfaatkan umpan karena lompatannya kurang tinggi.
Singapura yang kehilangan pemain coba melakukan penetrasi. Saat Khairul Amri tinggal berhadapan dengan dua bek Indonesia, ia justru terjatuh yang dianggap wasit sebagai diving, kartu kuning pun dialamatkan kepada penyerang milik Singapore LIONSXII itu.
Di menit ke-80, The Lions hampir membobol gawang tim Garuda melalui usaha Aleksander Duric. Mendapat umpan matang dari sisi kanan, sundulan striker naturalisasi yang sudah berusia senja itu hanya menerpa mistar gawang, selamatlah gawang Indonesia.
Lima menit jelang bubaran, Singapura mendapatkan tendangan bebas yang dieksekusi langsung oleh Qiu Li. Dari jarak 25 meter, sepakan terarahnya masih bisa diamankan oleh Wahyu Tri Nugroho.
Sekiranya pertandingan akan berakhir imbang, Andik Vermansyah keluar sebagai pahlawan ketika tendangan bebasnya di menit ke-88 melesak deras ke gawang Singapura. Dalam kejadian itu, Izwan Mahbud gagal mengantisipasi sepakan melengkung winger yang pernah menjalani trial di DC United tersebut, 1-0 Indonesia unggul hingga akhir laga.
Susunan Pemain:
Indonesia: Wahyu Tri Nugroho; Raphael Maitimo, Novan Setya, Wahyu Wijiastanto, Fahruddin; Vendry Mofu, Taufiq, Elie Aiboy (Andik 47'), Okto (Rasyid 77'), Rahmat (Bambang 57'); Irfan Bachdim.
Singapura: Izwan Mahbud; Daniel Bennet, Irwan Shah, Baihakki Khaizan, Baharuddin; Shahdan; Shi Jiayi, Mustafic Fahrudin, Hariss Harun (Duric 40'), Shahrul Ishak; Khairul Amri (Qiu Li 76'). Sumber : espnstar.co.id

0 komentar:

Posting Komentar