Pages

Subscribe:

Minggu, 15 Juli 2012

Tak Bersalah, Terry Melenggang Bebas

LONDON – Secara resmi dan secara de jure, nama John Terry tak lagi dikotori tuduhan rasis. Vonis hakim kepala pengadilan Westminster, Howard Riddle, menyatakan Terry tak bersalah atas dugaan rasisme terhadap bek Queens Park Rangers, Anton Ferdinand, Oktober tahun lalu.

Kasus ini sempat menggemparkan Premier League karena perkara rasis ini menjadi kasus besar pertama yang dimejahijaukan. Sebelumnya, tak pernah ada pemain yang sampai harus menghadap pengadilan. Biasanya paling maksimal, pemain bakal dikenai sanksi atau denda dari FA (PSSI-nya Inggris).

Saking bikin hebohnya, sampai-sampai ban kapten tim nasional Inggris dari lengan Terry mesti dilucuti FA meski namanya tak dicoret dari skuad Euro 2012 lalu. Tapi tetap saja dampaknya lumayan besar. Buntutnya, Fabio Capello mengundurkan diri karena keberatan dan akhirnya tim Tiga Singa harus merekrut pawang baru, Roy Hodgson.

Kasus ini sejatinya sudah akan diperkarakan sebelum Euro tapi akhirnya proses hukum Terry dimundurkan hingga usai gelaran Piala Eropa edisi ke-14 tersebut. Sejak awal pekan ini, kasus sudah berjalan dengan agenda dengar pendapat. Setelah mendapatkan kesimpulan yang dirasa tepat, hakim Riddle akhirnya menjatuhkan putusan tak bersalah dengan asumsi ketiadaan bukti utama.

“Pokok persoalan pengadilan ini bukan memutuskan apakah Tuan Terry seorang rasis – saya tak menerima sedikitpun bukti yang menyatakan sebaliknya. Masalahnya adalah apakah Tuan Terry mengucapkan kata-kata yang bermaksud menghina,” papar Riddle, seperti disadur Soccerway, Sabtu (14/7/2012).

“Bahkan dengan dengar pendapat yang saya terima, mustahil memastikan apa sebenarnya kata-kata yang diucapkan John Terry pada waktu itu. Fakta ketiadaan bukti ini krusial untuk membuktikan dia bertindak rasis atau tidak,” tuntasnya.
(raw)

Randy Wirayudha - Okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar