Pages

Subscribe:

Sabtu, 24 November 2012

Profil Tim Nasional Filipina Di Piala AFF 2012

Filipina lepas dari status penggembira di Piala AFF setelah berhasil menembus babak empat besar di edisi 2010 lalu. Tim besutan Michael Weiss itu patut diperhitungkan sebagai salah satu pesaing dalam memperebutkan trofi juara Piala AFF 2012.

Pencapaian itu menjadi yang terbaik dalam sepanjang sejarah keikutsertaannya dalam pesta sepakbola se-Asia Tenggara itu. Sejak pertama digelar pada 1996 dengan nama Tiger Cup, laju paling kencang The Azkals hanya sampai fase grup.

Sepakbola Filipina mengalami periode buruk sekitar setengah dasawarsa terakhir. Di September 2006, mereka terpuruk di rangking 195 alias yang terburuk dalam sepanjang sejarahnya. Namun, di akhi tahun mereka naik ke peringkat 171 dunia menyusul penampilan bagus di kualifikasi Piala AFF 2007.

Lolos ke babak utama, Filipina justru terpuruk. Tersingkir di fase grup dengan menempati posisi buncit dengan satu kali seri jadi hasil terbaik. Dengan target awal masuk semifinal, kegagalan itu membuat pelatihnya saat itu, Aris Caslib, mengundurkan diri.

Sejak saat itu Filipina gagal untuk lolos ke kompetisi mayor dan bergonta-ganti pelatih. Di Piala AFF 2008, Filipina mengalami kemunduran dengan gagal lolos dari babak kualifikasi setelah kalah selisih gol dari Kamboja.

Era kebangkitan Filipina dimulai pada dua tahun lalu. Mengandalkan pemain-pemain naturalisasi, tim yang saat itu ditangani Simon Mcmenemy itu membuat gebrakan.

Dimotori oleh Yonghusbands Bersaudara, Filipina tidak terkalahkan di fase grup dan secara mengejutkan mampu mengalahkan juara bertahan Vietnam. Filipina juga jadi tim yang pertama kali lolos ke babak knock out untuk kali pertama, namun kalah agregat 2-4 dari Indonesia di semifinal.

Penampilan Filipina semakin menanjak. Setelah membukukan kemenangan pertamanya di kualifikasi Piala Dunia 2014 atas Sri Lanka 4-0 di leg kedua pada 3 Juli 2011 setelah imbang 1-1 di leg pertama.

Filipina juga berhasil tampil sebagai peraih tempat ketiga AFC Challenge Cup dengan menundukkan Palestina 4-3. Dalam prosesnya, mereka mengalahkan juara sebelumnya India 2-0 dan 2-1 melawan Tajikistan untuk maju ke semifinal tapi kemudian kalah dari Turkmenistan 2-1 dalam perebutan tiket ke final.

Rekor Filipina dengan negara-negara tetangganya belakangan ini pun cukup bagus. Dalam persiapannya mengikuti AFF tahun ini, Filipina membukukan dua kali kemenangan atas Singapura 2-0 (7/9), imbangi Bahrain tanpa gol (12/10) dan kalah tipis 1-2 dari Kuwait (16/10) sebelum menang lagi dari Singapura 1-0 (15/11) di laga persiapan terakhirnya. Sumber : sport.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar