Pages

Subscribe:

Selasa, 11 September 2012

Khedira: Tirulah Spanyol, Jerman

Wina - Kerap diunggulkan di setiap turnamen yang diikuti, Jerman akhirnya selalu gagal jadi juara. Sami Khedira menilai ekspos media terlalu membebani para pemain muda di timnya dan meminta Der Panzer meniru apa yang dilakukan Spanyol.

Usai Piala Dunia 2006, sebenarnya sepakbola Jerman mulai bangkit dan banyak darah muda yang bermunculan di tim itu. Sebut saja dari mulai Lukas Podolski, Philipp Lahm lalu dilanjutkan Mario Gomez, Manuel Neuer, Thomas Mueller, Khedira, Mesut Oezil, Toni Kroos dan terakhir Mario Goetze, Marco Reus dan Mats Hummels.

Tapi tetap saja tak ada trofi juara yang mampu diraih Jerman dan mereka selalu gagal ketika difavoritkan melaju ke final. Contoh saja di dua turnamen mayor terakhir, Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. Mereka malah kandas di semifinal setelah gembar-gembor di media.

Hal inilah yang membuat Khedira berpikir jika rekan-rekannya boleh jadi terlalu cepat berpikir soal juara dan membuat mereka jadi besar kepala. Ia pun meminta rekan-rekannya meniru kesuksesan Spanyol yang menjuarai tiga turnamen terakhir.

Menurut Khedira, kunci keberhasilan Spanyol adalah salah satunya mampu mengatasi tekanan media dan bersikap tenang setiap melakoni laga demi laga.

"Jelas ketika Anda berbicara apakah kami memakai taktik dan pemain yang benar. Tapi itu tak begitu saya pikirkan," tukas Khedira kepada Kicker yang dilansir Soccernet.

"Poin krusialnya adalah lebih karena kami berpikir terlalu jauh soal laga final kontra Spanyol (di Piala Eropa 2012). Kami harus punya mental cukup kuat untuk itu," sambungnya.

"Saya tidak pernah mendengar Spanyol berbicara soal mencapai final - mereka selalu berbicara soal laga berikutnya," tukasnya.

"Inilah yang membentuk sebuah tim hebat. Mereka tidak berpikir soal siapa lawan mereka di final ketika masih ada di fase grup, tapi melihat laga demi laga dan konsentrasi penuh selama 90 menit saat pertandingan."

Jerman sudah mengawali laga kualifikasi Piala Dunia 2014 dengan baik saat mengalahkan Kepulauan Faroe 3-0 akhir pekan lalu. Rabu dinihari WIB nanti tim asuhan Joachim Loew itu akan ditantang tuan rumah Austria.

"Kami sedang bekerja keras membawa trofi juara untuk Jerman, tapi kami tidak boleh berbicara soal itu selama dua tahun ke depan," tuntas Khedira. Sumber : Detik.com

0 komentar:

Posting Komentar